Rahasia Sukses Sam Walton Membangun Bisnis Ritel
Membicarakan bisnis ritel, tentunya
kita tak bisa lupa dengan kesuksesan Sam Walton yang mengantarkan
Wal-Mart sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia.
Membicarakan tentang bisnis ritel, tentunya kita tak bisa lupa dengan kesuksesan Sam Walton yang berhasil mengantarkan Wal-Mart sebagai salah satu perusahaan publik terbesar ketiga di dunia menurut Fortune 500 Global pada tahun 2012 silam. Memiliki sedikitnya 8.500 toko yang tersebar di 15 negara, pada tahun 1992 yang lalu (tepatnya saat ditinggal wafat oleh Sam Walton) bisnis ritel tersebut memiliki kekayaan hampir mendekati $ 25 miliar USD. Bisa Anda bayangkan bukan seberapa besar keuntungan yang didapatkan Wal-mart?
Didirikan Sam Walton pada tahun 1962, bisnis ritel tersebut kini telah beroperadi di beberapa Negara besar. Seperti misalnya di Argentina, Brazil, dan Britani Raya dengan mengusung nama ASDA, di Negara Jepang menggunakan nama Seiyu, di Kanada dan Meksiko beroperasi dengan nama Walmex, serta ribuan toko lainnya juga tersebar ke berbagai belahan dunia dengan mengusung nama usaha yang berbeda-beda. Kabarnya bahkan pada tahun 1990-an Wal-Mart juga sempat beroperasi di Indonesia, namun kemudian di tutup karena kurang sesuai dengan kondisi pasar di negara kita.
Terlepas dari semua lika-liku perjalanan bisnisnya, tentunya kita bisa mengambil banyak pembelajaran penting dari kesuksesan Sam Walton dalam mengembangkan kerajaan bisnisnya. Penasaran dengan rahasia sukses Sam Walton membangun bisnis ritel?
Berikut kami informasikan lima tips bisnis yang dijalankan Sam Walton ketika mengembangkan kerajaan bisnisnya.
Pertama, selalu memegang komitmen dalam berbisnis. Sebelum terjun ke dunia usaha, pastikan bahwa Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, agar kedepannya Anda bisa terus memegang komitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang Anda kerjakan. Hal inilah yang selalu ditanamkan Sam Walton pada dirinya, sehingga prinsip tersebut mulai cepat menular pada orang-orang di sekitarnya.
Kedua, jadikan karyawan Anda sebagai mitra bisnis. Bagi Sam Walton tak ada istilah bawahan dan atasan, baginya semua rekan kerja diperlakukan sebagai mitra bisnis. Bila perlu hadiahkan saham sebagai bekal pensiun para karyawan agar mereka semakin termotivasi dalam bekerja dan merasa memiliki perusahaan tersebut. Cara ini memang cukup efektif, sehingga para karyawan Wal-Mart bekerja sebaik mungkin untuk mencapai target yang ditentukan perusahaan.
Ketiga, selalu berusaha memuaskan konsumennya. Meskipun perusahaannya menjadi salah satu bisnis ritel terbesar di dunia, namun Sam Walton tak pernah mengesampingkan kepuasan pelanggan. Ia selalu melengkapi tokonya dengan barang-barang yang relatif murah, memberikan diskon cukup besar, memilih lokasi yang mudah dijangkau, buka pada hari libur, dan membeli barang-barang langsung dari grosirnya untuk memberikan kualitas yang terbaik bagi para konsumennya.
Keempat, harus bisa mengendalikan biaya pengeluaran. Siapa sangka bila perusahaan ritel sebesar
Wal-Mart masih berusaha mengendalikan biaya pengeluaran untuk bisa mengungguli para kompetitornya. Strategi bisnis inilah yang perlu dicontoh para pelaku UKM di Indonesia, agar perencanaan bisnisnya bisa berjalan sesuai dengan anggaran yang mereka miliki. Kebanyakan pelaku usaha kita terbilang cukup loyal dalam membelanjakan keuangan perusahaan, sehingga tidak heran bila target yang ditentukan baru bisa tercapai dalam kurun waktu yang cukup lama.
Kelima, cari ide yang tidak biasa. Sebagian besar pelaku UKM di Indonesia lebih memilih jalan aman, dengan mencari ide-ide bisnis yang telah dijalankan para kompetitor sebelum mereka. Strategi seperti ini ternyata kurang efektif, karena mau tidak mau mereka harus siap menghadapi persaingan pasar yang sudah cukup sesak. Karena itu, Sam Walton lebih tertarik memilih ide-ide yang tak biasa agar bisa menguasai pasar yang lebih luas.
Dengan menerapkan kelima prinsip sukses yang dijalankan Sam Woltan, semoga para pelaku UKM Indonesia bisa mengantarkan usahanya ke gerbang kesuksesan dan berhasil memperluas jangkauan pasar hingga ke berbagai penjuru Negara. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
0 komentar:
Posting Komentar