Tips Bisnis Untuk Mengetahui Ciri-ciri Transaksi Gagal
Sampai hari ini masih banyak pelaku
bisnis yang belum mengetahui bagaimana ciri-ciri transaksi yang kita
lakukan dikatakan gagal.
Dalam
dunia bisnis, hampir semua pelaku bisnis tentu selalu berpikir agar
transaksi jual beli yang mereka lakukan bisa terus berhasil. Sebab,
keberhasilan transaksi tersebut menjadi salah satu faktor penentu bahwa
bisnis kita bisa diterima konsumen atau tidak.Akan tetapi, tidak semua pelaku bisnis mengetahui bagaimana ciri-ciri transaksi yang belum berhasil alias gagal. Karenanya untuk membantu para member BisnisUKM.com, kali ini saya akan berbagi tips bisnis untuk mengetahui ciri-ciri transaksi gagal.
1. Konsumen mulai jenuh dengan servis kita
Ketika menjalankan sebuah usaha, diperlukan ketegasan dan keahlian khusus agar bisa memberikan sevice terbaik kepada calon konsumen. Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa konsumen juga bisa jenuh dengan service kita. Service terbaik itu bisa ditentukan dari 3 menit pertama kita melayani konsumen kita. Yang membuat konsumen tersebut jenuh adalah karena kurang ramahnya kita dalam menyapa konsumen, kita terlalu fokus dengan aktifitas yang membuat konsumen menjadi kurang paham.2. Konsumen Mulai hilang kabar
Fast respon memang sudah menjadi PR yang sangat penting untuk semua pemilik bisnis. Bahkan, ketika kita sudah memberikan respon yang cepat pun masih ada beberapa yang menganggapnya terasa lama dimata konsumen. Untuk itu, jika konsumen sudah memberi respon negatif alias sudah mulai hilang kabar dan tidak interest dengan penjelasan kita, sudah bisa dipastikan konsumen tersebut akan hilang. Meski begitu, sebagai pelaku bisnis usahakan untuk tetap tenang dan jangan sampai berpikir negatif. Teruslah melakukan follow up yang terbaik dan evaluasi kekeliruan yang pernah Anda lakukan dalam memberikan pelayanan.3. Sekali lagi, hati-hati dengan konsumen gadungan.
Di dunia yang penuh dengan kecanggihan ini, saya sangat merasakan begitu banyaknya pelaku pembajakan suatu karya entah itu bagaimanapun bentuknya. Banyak rekan saya yang cukup kewalahan untuk menghadapi pembajakan karya. Saya ambil contoh tentang bisnis dibidang desain. Awalnya memang konsumen tersebut terlihat meyakinkan dalam menjelaskan apa yang diinginkan, kemudian beberapa hari kemudian, hilang semua kabar ketika semua apa yang diinginkannya sudah terpenuhi. Setelah dilacak semua profil konsumen, ternyata karya kita diambil untuk di produksi ditempat lain, memang ini sangat berbahaya karena meruntuhkan kualitas dari Bisnis4. Tidak ada kepercayaan
Kepercayaan (trust) menurut saya bisa berubah-ubah entah itu bertambah atau berkurang. Ketika kepercayaan berkurang, memang menjadi tugas bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan kepercayaan tersebut. Hal ini penting karena setiap transaksi bisnis apabila didalamnya sudah tercium bau ketidakpercayaan, maka ada kemungkinan transaksi tersebut akan gagal. Tapi tak perlu khawatir, kepercayaan konsumen bisa dikembalikan dengan jaminan kualitas pelayanan yang kita berikan.5. Pelajari gelagat konsumen atau profil konsumen
Konsumen juga pasti punya reputasi, reputasi layaknya suatu perusahaan. Saya pernah ngobrol dengan teman saya yang curhat tentang konsumen-konsumen mana saja yang sering melakukan hal yang kurang sesuai dalam transaksi, seperti menjatuhkan pasar atau bahkan merusak pasar dengan berpura-pura melakukan transaksi belanja berkali-kali ternyata hanya untuk melakukan test harga. Tak masalah apabila ini terjadi, kita tidak perlu panik sebagai pelaku bisnis. Be Natural, jelaskan apa yang kita miliki dan kualitas apa saja yang kita miliki. Pelajari gelagat konsumen, jika konsumen sudah menunjukan gelagat yang kurang beretika. maka tak ada salahnya bila transaksi tersebut bisa kita hentikan secara profesional.Nah, semoga tips bisnis mengenai beberapa ciri transaksi dikatakan gagal bisa memberikan manfaat bagi member BisnisUKM.com. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Muhammad Fuady, S. Farm
Muhammad Fuady, S. Farm., Apt mulai serius menekuni bisnis konveksi sejak duduk dibangku perkuliahan di Universitas Islam Indonesia jurusan Farmasi pada tahun 2007 silam dan sekarang sudah menjadi Seorang Apoteker. Bisnis yang dia tekuni ini berawal dari hobi menggambar, dan kemampuan inilah yang akhirnya menjadi modal utama untuk mulai berkreasi dan berinovasi menciptakan desain Jumper, Sweater, Varsity, kaos, jaket, Kemeja, blazer serta produk fashion dengan segmen kalangan anak muda.
DISTRIBUTOR Perlengkapan Rak Toko, Rak Minimarket, Rak Supermarket,
Rak Swalayan, Rak Gondola Single, Rak Gondola Double, Rak Gudang,Rak Obral
Wagon, Rak Gantung, Rak Snack, Rak Wing, Wiremesh, Hook Ram, Pintu Putar,
Trolley belanja, Keranjang Belanja, Meja Kasir, Hanger Ram,
dll. AREA PEMASARAN : Seluruh INDONESIA
Jual Rak Minimarket, Jual Rak Toko, Jual Rak Supermarket, Jual Rak Minimarket / Supermarket Gondola Single, Jual Rak Minimarket / Supermarket Gondola Double, Jual Rak Gudang Minimarket / Supermarket, Jual Rak Obral Wagon Minimarket / Supermarket, Jual Rak Gantung Minimarket / Supermarket, Jual Rak Snack Minimarket / Supermarket, Jual Rak Wing Minimarket / Supermarket, Jual Aksesories Hook Minimarket / Supermarket, Jual Pintu Putar Minimarket / Supermarket, Jual Trolley Belanja Minimarket / Supermarket, Jual Meja Kasir Minimarket / Supermarket, Jual Hanger Minimarket / Supermarket, dll.
• Jual Aksesories Hook Minimarket / Supermarket
• Jual Hanger Minimarket / Supermarket
• Jual Meja Kasir Minimarket / Supermarket
• Jual Pintu Putar Minimarket / Supermarket
• Jual Rak Gantung Minimarket / Supermarket
• Jual Rak Gudang Minimarket / Supermarket
• Jual Rak Minimarket
• Jual Rak Minimarket / Supermarket Gondola Double
• Jual Rak Minimarket / Supermarket Gondola Single
• Jual Rak Obral Wagon Minimarket / Supermarket
• Jual Rak Snack Minimarket / Supermarket
• Jual Rak Supermarket
• Jual Rak Toko
• Jual Rak Wing Minimarket / Supermarket
• Jual Trolley Belanja Minimarket / Supermarket
Yusuf
:
Esia
021- 99279154
Simpati
081334530892
Im3
08561262221
XL
0878888190892
0 komentar:
Posting Komentar