Langkah-langkah Alfamart

| | Leave a Comment

Langkah-langkah Alfamart
Beberapa langkah Alfamart untuk medekatkan diri & memberikan fasilitas lebih kepada pelanggan.

1 . Member
Adalah sebutan untuk para pelanggan setia Alfamart. Para member Alfamart akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan kejutan special dari Alfamart seperti: HematKu, Kalender Belanja, Specialku dan Hadiahku, serta program ekslusif lainnya. Member Alfamart adalah pelanggan yang memiliki dan bergabung dalam keanggotaan Kartu AKU, A Card Flazz atau Kartu AKU BNI.

         Target pemasaran alfamart adalah semua kalangan masyarakat di Indonesia yang ingin memberikan kemudahan kepada konsumen dengan ada di dekat lingkunya.strategi pemasarannya diintegritasinya dengan kegiatan promosi yang dijalankan secara berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan focus target pasarnya.

·                     Kalender belanja “promosi yang diadakan 2 minggu sekali memberikan harga mudah dan hemat.
·                     Keuntungan kartu aku “memberikan potongan harga dan hadiah khusus yang berpengaruh pada produk tersebut.
·                     Belanja puas,harga pas”memberikan kemudahan berbelanja pada konsumen dengan harga pas dan menarik tentunnya”.

Untuk strategi jangka panjang berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas konsumen serta pembentukan komunitas.
Dalam meningkatkan brand image berhasil dalam meraih penghargaan dengan piala dunia 2009 yang meyisihkan partikal-partikal besar di Indonesia. Dengan memperoleh  penghargaan brand dan menjadikan gerai alfamart yang tersmi menjual produk-produk yang terpilih,sehingga terpilihnya alfamart berkaitan erat dengan pengalaman menjadikan yang terbaik dalam bidang usahanya.

2. Alfamart Sahabat Indonesia
Program ‘Alfamart Sahabat Indonesia’ (Satu Hati Berbagi untuk Indonesia) menaungi seluruh inisiatif dan inspirasi kegiatan tanggung jawab sosial
dari Perseroan untuk memberikan nilai tambah keberadaan Perseroan kepada masyarakat.
Program ‘Alfamart Sahabat Indonesia’ terdiri dari 6 Pilar utama yaitu:
Alfamart Care, fokus kepada program kepedulian sosial.
Alfamart Smart, fokus kepada program pengembangan pendidikan anak.
Alfamart Clean & Green, fokus pada upaya pelestarian lingkungan hidup.
Alfamart Sport, fokus pada olah raga dan pengembangan jiwa sportivitas.
Alfamart Vaganza, fokus pada pengembangan seni dan hiburan.
Alfamart SMEs, fokus pada program pembinaan dan pemberdayaan UKM
3. Alfamart Online
Dengan motto Smart and Easy Shopping, Alfamart kini menyediakan AlfaOnline.
Dengan membuka alamat  www.alfaonline.com  pelanggan dapat memesan produk-porduk yang dijual oleh alfamart dengan mudah.

4. Alfamart ‘GERBEG’ (gerakan bersih-bersih warung)
Kegiatan ini adalah bentuk apresiasi Alfamart kepada para anggota dan upaya kami untuk melindungi pedagang kecil/tradisional dapat berjalan berdampingan dengan ritel modern.


Kesimpulan
Dalam memilih retail store, pembeli mempertimbangkan banyak hal mulai dari harga, kemudahan, kualitas produk, bantuan wiraniaga, reputasi, nilai khusus(pelayanan) dan jasa khusus yang ditawarkan. Dengan demikin untuk menentukan rencana bagi perusahaan retail, perusahaan wajib memperhatikan hal-hal tersebut.
Ada beberapa pemahaman untuk mementukan rencana perusahaan retail, diantaranya ialah pemahaman tentang saluran pemasaran, perilaku konsumen, pesaing, lingkungan sosial, ekonomi dan teknologi, dan pemahaman pada lingkungan umum. Salah satu contoh yang diambil oleh Alfamart ialah membuat member (keanggotaan) damana setiap member akan mendapatkan keuntungan atas kepersertaannya dalam anggota, seperti potongan harga,undian dan lain-lain.
Berdasarkan uraian diatas dapatlah kita mengambil kesimpulan bahwa sudah layaknyalah perusahaan memiliki Strategi Pemasarannya sendiri sebelum mereka menjalankan ataupun memasarkan produk/jasanya.
Strategi pemasaran yang dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan perusahaan baik keadaan intern perusahaan itu sendiri atau lingkungan mikro perusahaan, maupun keadaan ekstern perusahaan atau yang dikenal dengan lingkungan makro perusahaan.
Perusahaan yang berjaya dan mampu mempertahankan serta meningkatkan lagi penjulannya ditengah-tengah pesaingnya adalah perusahaan yang telah berhasil menetapkan strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya dengan tepat.
Adapun penentuan strategi bersaing hendaknya dilakukan dengan mempertimbangkan kepada besar dan posisi masing-masing perusahaan dalam pasar. Karena perusahaan yang besar mungkin dapat menerapkan stretegi tertentu yang jelas tidak bisa dilakukan oleh perusahaan kecil. Demikian pula sebaliknya, bukanlah menjadi sesuatu hal yang jarang terjadi bahwa perusahaan kecil dengan strateginya sendiri mampu menghasilkan tingkat keuntungan yang sama atau bahkan lebih baik daripada perusahaan besar.
            Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan semua hal diatas, maka dapat dipastikan perusahaan akan dapat menentukan dengan baik strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya, untuk tetap maju dan berkembang di tengah-tengah persaingannya.
 

0 komentar:

Posting Komentar